Skip to main content

BIAYA TAK TERDUGA "HAPE MATI"

Anggota STOP & GO yang bermitra dengan GOCAR sejak setahun yang lalu ; kini menemukan sebuah kenyataan baru "HAPE MATI". Kerja setiap hari, online, ngebid, menanti order penumpang dengan setia nangkring di car holder selama satu tahun. Sebuah BOLA meluncur datang ke depan gawang itu bernama GOCAR ; sebuah aplikasi turunan dari GoJEK, "licin !" upppps, Driver harus trampil sebagai striker yang haus GOLLLLL 60% bermain dengan performa maksimal...

Sebagai Driver yang memperoleh applikasi GOCAR melalui perjuangan panjang ; kurang lebih 3 bulan akhirnya active dengan biaya NOL Rupiah alias GRATIS. Baiknya GOJEK memberi fulus pertama Rp. 100rb di saat dapat menyelesaikan order pertama penumpang. LUAR BIASA* (saat itu !), pengalaman kita sebagai Driver di anggap MITRA. Bahkan dengar-dengar teman driver baru dan membaca melalui iklan di web/FB ; Saat ini bonus lebih melimpah, yaitu Rp.300rb ketika menyelesaikan 20 trip pertama saat akun active.

Kebaikan GoJek kepada Mitra Driver GoCar masih ada lagi ...(ketika itu juli 2016) ;
1. Intensive Rp. 300rb/ hari jika bisa menyelesaikan 10 trip (total).
.....lalu sebulan berikutnya bonus intensive dirubah, naik menjadi Rp. 600rb/ hr jika bisa menyelesaikan 20 trip (total). Total per Day artinya tanpa ada system point atau tingkat-an perolehan trip. Jadi MADUNYA di hisap Mitra Driver "hanya" dalam waktu 1 bulan saja. Peminat bertambah banyak saja tiap hari dari GRUP WA yang dibina oleh Admin Office berjumlah 100 Driver membengkak menjadi 500-an Driver. Artinya bonus Rp. 600rb/hr per 20 trip diperebutkan oleh 500 Mitra Driver di kota Semarang. Kebiasaan-kebiasaan curang, tembak-tembakan, order fiktif benar-benar merajalela demi tembus 20 trip/hr dan membawa pulang bonus Rp. 600rb.Harga ketika itu masih Rp. 4500/km dan diawali minimal tarif Rp. 20rb / trip dibawah 3 KM.
Keadaan tiba-tiba mencekam tanpa notifikasi SUSPEND dan Putus Mitra sekehendak hati kantor Operasional PT. Gojek. Hati kami bertanya ; "ini pola kemitraan apa ?"

Kami Driver yang bodah lalu banyak baca-baca literasi dari buku tentang ; "apa itu Kemitraan dan apa itu Waralaba  serta apa License ?"
"Info Komplit WARALABA (Franchise)" - Eko Siswanto
"Aspek Hukum Kontrak WARALABA" - Kevin Kogin, SH, MH
"Franchise and License in Indonesia" - Amir Karamoy
Beda semua.......mana STPW dari GoJek ke Driver ?

Penulis sebagai salah satu driver GOCAR membayangkan game perang komputer semacam "Raknarok2" atau "Empire Earth 4" atau "CRAZY TAXI Online game" ; dimana akun para MITRA DRIVER itu tidak jauh dari sebutan BUDAK PERANG dengan senjata milik sendiri MOBIL dan Hape 100% baru semua. Sedangkan para Operator SERVER di kantor seperti pemain GAME-nya.....lantas baru kami sadari merekalah yang sebenarnya MITRA PT GoJek. Kita para driver terserah disebut apa silahkan menafsirkan. Kalau berbuat salah..kalau curang...kalau dilaporkan customer...kalau weekend...SUSPEND ; dan Driver ter-Suspend sesaat keluar kantor operasional tidak lain tidak bukan SAMPAH !.

Lalu di bulan Oktober - Desember 2016 seluruh bentuk Intensive / Bonus di hapus total oleh operator GoCar !. Dampaknya lebih mencekam ; GAGAL Bayar Angsuran Leasing !. Saat itu benar-benar seleksi alam penghapusan DRIVER. Masuk januari 2017, tepatnya 1 minggu selepas tahun baru ; GOCAR kasih gebrakan bonus / intensive Rp. 300rb/hr untuk menggairahkan minat Driver kembali online dan ngebid / "ngaspal". Sebuah strategy GOCAR supaya Driver tidak ikut mendaftar ke kompetitor GRAB yang mulai buka pendaftaran akhir 2016 / awal 2017. Di bulan February - Maret giliran operator UBER buka pendaftaran Driver. Diantara bulan tersebut reward and panishment tetap di berlakukan operator GoCAR. Kami tetap setia bersama GoCar meski beberapa kali kena SUSPEND meski bisa "lolos" melalui banding !, alhamdulillah. Apapun keadaan kami, adapun istilah pemberian nama untuk kami, Bonus dan Intensive Rp. 300rb-Rp.350rb /hari/12-17 trip per hari tetap paling menarik diantara caci maki customer, diantara kekerasan PREMAN, diantara gagal terus bawa bonus minimal...dst.


Hari ini "hape mati" ; adakah tembakan dilakukan SERVER terhadap hape/ IMEI terdaftar....ah curiga lagi....(:"maaf gojek".
Alhamdulillah smartfren haier menggunakan baterai unit yang bisa di carikan partnya.
Catatan biaya tak terduka, bukan sebesar service mobil baru / rutin sampai Rp. 850rb, kalau beli hape baru - harus didaftarkan ke kantor gojek.
Banyak cerita, banyak bermanfaat, banyak kenangan, banyak foto bukti-bukti, banyak chat-chat vulgar anggota Grup, banyak membawa order ribuan orang, mungkin sudah waktunya hape kami istirahat.
Beli baru cari spek RAM 3GB setidaknya diangka Rp. 2jutaan.
Ada hape juara ; spek baterai tanam. Untuk kerja 1 tahun mampu atau tidak ya.......

Tolong beri kami sedikit rasa optimis, mobil masih 4 tahun lagi selesai angsuran, selain Pajak Kendaraan Bermotor, kewajiban Driver gabung ke Badan Hukum ; hari ini kami sudah LEGAL sebagai angkutan sewa kusus. Seperti lihat puing hape...satu tahun kami butuh PERHATIAN, satu tahun kami butuh di SERVICE. Hari ini STOP dan esok yakin GO kembali seperti filosofi perusahaan MATIC. Demikian catatan kali ini, semoga tidak bosan membaca, semoga bentuk KEMITRAAN GoJek dan Driver jadi mata air yang terus mengalir, untuk kehidupan yang lebih baik, amin.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN AKUN VENDOR (PERUSAHAAN) DAN AKUN JUAL/BELI GOJEK (GOCAR)

Banyak sekali masyarakat pengguna transportasi online dan driver online sendiri (individu) yang tidak "bisa" membedakan akun driver online GOCAR vendor (perusahaan penyelenggara / rental /Koperasi) dengan akun GOCAR palsu /bodong / akun hasil peretasan / akun pencurian data dan akun jual-beli. Akhir-akhir ini banyak terjadi kejahatan /pelecehan Driver online kepada penumpangnya. Hasil penyelidikan kepolisian, pelaku (driver) menggunakan akun palsu data jual/beli milik orang lain. Adalagi ; curhat viral driver yg dilaporkan penumpangnya dengan nomor polisi kendaraan yg berbeda. Atau driver yg tidak terima terkena suspend karena uang deposit di applikasi yang sudah menggunung serta tidak bisa cair. Ada banyak driver online yg takut ke kantor DSU GoJek, sebab mempergunakan akun orang lain /palsu / jual-beli / terlibat didalamnya !. "Sumber-sumber kejahatan berawal dari akun-akun data palsu atau jual/beli". Tidak semuanya sih, driver "nakal/jahat" !.

PAK MENHUB BUDI KARYA, PROFIL "NGUBER SUPIR TRANSPORTASI ONLINE PROFESIONAL"

Penolakan Peraturan Mentri Perhubungan nomer 108/2017 yang mengatur "Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek", masih saja terjadi kemarin. Adalah Aliansi Nasional Driver Online, yang terang-terangan menyuarakan "MENOLAK" PERMENHUB 108/2017 ; mereka menggelar DEMO 29/1/2017 di depan kantor KEMENHUB. Kemarin-kemarin pas disusun kemana aja..., kemarin-kemarin pas sosialiasi dan UJI Materi kemana aja.... Kali ini admin tidak membahas PRO-KONTRA nya. Tiba-tiba terlintas IDE fresh.....(; input data driver kali ya, heheheh. Ada korelasi dalam tulisan buku, riset aplikasi online dan pendirian perusahaan yang sedang kami susun. Adalah pak mentri BUDI KARYA SUMADI , profil atau tokoh central yang menjadi target para DRIVER Online. Ya baru kami sadari, pak mentri perhubungan, pantas jadi SOSOK orang yang paling di cari se Indonesia ; Buku "NgUber Supir Transportasi Online Profesional" cocok di berikan (disematkan/men

Untung akun Driver Individu atau ikut akun VENDOR ?

Satu hal yang tidak dipikirkan banyak orang. Dalam hal ini oleh DRIVER online individu kebanyakan. Kita pernah dengar cerita ayah kaya dan ayah miskin Kiyosaki ?. Ya cerita 2 orang pemuda yang diberi tugas sebuah kampung atau desa mengeksplorasi sumber air. Permasalahan payung hukum Permenhub no 26 tahun 2017, salah satu contoh nyata bagian cerita cara distribusi atau mirip hikmah cerita dibalik sistem air tersebut. Syah-syah saja driver menolak kebijakan wajib balik nama STNK menjadi atas nama perusahaan/koperasi/vendor/badan hukum. Karena asset mobil dan angsuran seluruhnya dilakukan, dikerjakan dan dibayarkan oleh Driver sekaligus pemiliknya. Ibaratnya "ngak rela" menjadi asset dan atas nama perusahaan/vendor naungan. Karena masalah balik nama bertentangan dengan FIDUSIA, maka proses balik nama boleh nunggu ketika utang selesai.  Simplenya kalau tidak ingin gabung ke perusahaan/vendor/badan hukum milik orang bikin saja badan hukum sendiri. Cukup bertiga Driver Onl