Skip to main content

AKHIR TAHUN YANG BERAT UNTUK SUPIR TRANSPORTASI ONLINE

Hidup dijalan memang keras, butuh nyali melawan kejadian-kejadian tak terduga didepan. Peraturan Mentri Perhubungan nomer 26 tahun 2017 sudah bikin driver bekerja tenang. Tiba-tiba dianulir oleh MA, masya Allah. Tiba-tiba kondisi di lapangan menjadi "mencekam". Penolakan dari teman-teman taxi konvensional, angkot, atas keberadaan dan aktivitas Supir dan kendaraan Transportasi Online kembali marak di berbagai kota.

Dalam kurun waktu 1 minggu saja sudah 3 kali terjadi "gesekan"
1. Alfamart - Sukun 
TKP ini terkenal aman selama ini. Meskipun di depan Toko Batik Jayakarta "preman dan calo penumpang" suka mabuk-mabukan. Tetapi tokoh masyarakat di lingkungan ini mampu "mengendalikan" mereka. Rabu 6 September 2017, hampir tengah malam, sekitar pukul 23.00 wib ; grub GOGUDCI Semarang ribut dengan postingan salah seorang rekan mereka. Driver dari komunitas GOGUDCI yang diketahui bernama Erick Medan dipepet oleh 3 armada Taxi "Ex". Setelah teman-teman online datang membantu bersama polisi, keributan diselesaikan di Polsek Banyumanik.
Perusahaan Taxi konvensional dan perwakilan komunitas menandatangani kesepakatan


Surat Pernyataan Bersama

2. Kantor Gubernur Jawa Tengah - Jl Pahlawan
Senin - selasa minggu pertama bulan September 2017, ada sounding dari FORUM KOMUNIKASI TAKSI JAWA TENGAH. Mereka menjadwalkan DEMO dihadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membawa aspirasi tentang penolakan Taxi Online di Jawa Tengah.
Demo sempat diwarnai aksi pengejaran terhadap mobil yang dianggap transportasi online. Polisi bertindak cepat dengan membuka blokade jalan yang sempat dilakukan supir taksi konvensional terhadap mobil tersebut. Sampai batas waktu diijinkan, Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Aji, memaksa para pengunjuk rasa untuk membubarkan diri, pulang ke kota masing-masing.


3. Demo Angkot Tembalang - Anarkis
Demo angkot Tembalang terjadi di penghujung Agustus 2017. Supir angkot justru cepat merespon putusan MA mencabut PM26/2017 tantang transportasi online. Paguyuban angkot yang sudah geram dengan keberadaan Ojek Online, memuaskan putusan MA dengan DEMO dan blokade Patung Kuda dan jalan raya masuk ke kampus UNDIP. Sehari-hari Angkot Tembalang juga ngetem di situ...   Ceritanya saat blokade jalan, ada melintas rekan Gojek yang memaksa lewat. Seketika atribut disita, pengemudi Gojek tidak terima dan terjadi keributan. Polisi datang dan ketua-ketua komunitas Supir Transportasi Online baik motor maupun mobil dan paguyuban angkot membikin kesepakatan untuk menjaga keadaan tetap kondusif. Menyusul surat dari UNDIP untuk menertibkan Ojek Online di lingkungan kampus.




------------


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN AKUN VENDOR (PERUSAHAAN) DAN AKUN JUAL/BELI GOJEK (GOCAR)

Banyak sekali masyarakat pengguna transportasi online dan driver online sendiri (individu) yang tidak "bisa" membedakan akun driver online GOCAR vendor (perusahaan penyelenggara / rental /Koperasi) dengan akun GOCAR palsu /bodong / akun hasil peretasan / akun pencurian data dan akun jual-beli. Akhir-akhir ini banyak terjadi kejahatan /pelecehan Driver online kepada penumpangnya. Hasil penyelidikan kepolisian, pelaku (driver) menggunakan akun palsu data jual/beli milik orang lain. Adalagi ; curhat viral driver yg dilaporkan penumpangnya dengan nomor polisi kendaraan yg berbeda. Atau driver yg tidak terima terkena suspend karena uang deposit di applikasi yang sudah menggunung serta tidak bisa cair. Ada banyak driver online yg takut ke kantor DSU GoJek, sebab mempergunakan akun orang lain /palsu / jual-beli / terlibat didalamnya !. "Sumber-sumber kejahatan berawal dari akun-akun data palsu atau jual/beli". Tidak semuanya sih, driver "nakal/jahat" !.

PAK MENHUB BUDI KARYA, PROFIL "NGUBER SUPIR TRANSPORTASI ONLINE PROFESIONAL"

Penolakan Peraturan Mentri Perhubungan nomer 108/2017 yang mengatur "Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek", masih saja terjadi kemarin. Adalah Aliansi Nasional Driver Online, yang terang-terangan menyuarakan "MENOLAK" PERMENHUB 108/2017 ; mereka menggelar DEMO 29/1/2017 di depan kantor KEMENHUB. Kemarin-kemarin pas disusun kemana aja..., kemarin-kemarin pas sosialiasi dan UJI Materi kemana aja.... Kali ini admin tidak membahas PRO-KONTRA nya. Tiba-tiba terlintas IDE fresh.....(; input data driver kali ya, heheheh. Ada korelasi dalam tulisan buku, riset aplikasi online dan pendirian perusahaan yang sedang kami susun. Adalah pak mentri BUDI KARYA SUMADI , profil atau tokoh central yang menjadi target para DRIVER Online. Ya baru kami sadari, pak mentri perhubungan, pantas jadi SOSOK orang yang paling di cari se Indonesia ; Buku "NgUber Supir Transportasi Online Profesional" cocok di berikan (disematkan/men

Untung akun Driver Individu atau ikut akun VENDOR ?

Satu hal yang tidak dipikirkan banyak orang. Dalam hal ini oleh DRIVER online individu kebanyakan. Kita pernah dengar cerita ayah kaya dan ayah miskin Kiyosaki ?. Ya cerita 2 orang pemuda yang diberi tugas sebuah kampung atau desa mengeksplorasi sumber air. Permasalahan payung hukum Permenhub no 26 tahun 2017, salah satu contoh nyata bagian cerita cara distribusi atau mirip hikmah cerita dibalik sistem air tersebut. Syah-syah saja driver menolak kebijakan wajib balik nama STNK menjadi atas nama perusahaan/koperasi/vendor/badan hukum. Karena asset mobil dan angsuran seluruhnya dilakukan, dikerjakan dan dibayarkan oleh Driver sekaligus pemiliknya. Ibaratnya "ngak rela" menjadi asset dan atas nama perusahaan/vendor naungan. Karena masalah balik nama bertentangan dengan FIDUSIA, maka proses balik nama boleh nunggu ketika utang selesai.  Simplenya kalau tidak ingin gabung ke perusahaan/vendor/badan hukum milik orang bikin saja badan hukum sendiri. Cukup bertiga Driver Onl