Skip to main content

Payung Hukum Transportasi (Online) Terbaru ; Permenhub no 108 Th 2017

Hari ini Jumat, tanggal 27/10/2017 Mentri Perhubungan merilis regulasi yang mengatur Transportasi darat di Indonesia ;

PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 108 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR UMUM TIDAK DALAM TRAYEK

Peraturan baru ini berlaku mulai 1 November 2017, sebagai revisi PM no 26/2017 yang digugat oleh sebagian driver online. Kita tidak ingin memperdebatkan pro-kontra. Penolakan-penolakan justru memperkeruh suasana dan menghabiskan energy. Mahal harganya untuk mimpi membangun sebuah bisnis transportasi darat yang sehat, aman, dan saling melengkapi.

Sakitnya tuh disini !.
Konsekuensi bagi yang ingin melangkah lebih maju, bersaing sehat, layanan kompetitive antar penyedia jasa transportasi. Intinya tujuan awal perjuangan legalitas taksi online hampir tercapai. Permenhub nomor 108/2017 ini jauh lebih komplit dan mengatur sederajat seluruh awak angkutan darat. Dalam hal ini transportasi online yang diberi nama Angkutan Sewa Kusus. Lihat dan membaca isi Permenhub 108/2017 - tidak bisa memuaskan bagi Supir Online. Namun wajar dan adil untuk semua, mengikuti permenhub terbaru berat juga untuk angkutan sewa umum, carter, pariwisata, antar jemput.

Menurut admin, Permenhub no 108 tahun 2017 merupakan pil pahit, yang haris kita terima dengan harga sangat mahal. Kalau Permenhub sebelumnya tidak di gugat, dan habis masa ketok palu MA, sejujurnya ; kewajiban angkutan sewa kusus lebih dari cukup. Kini kita hanya bisa "YES ! untuk memberi masukkan bukan penolakan". Download, baca dan pelajari sendiri Permenhub nomor 108 Tahun 2017 ;
   
DOWNLOAD

Ya syukur hari ini hadir Permenhub 108/2017, sebab permenhub lama yang dianulir MA berakhir 31 Oktober 2017 nanti. Bisa dibilang terpaksa, sebab kalau terjadi kekosongan bisa "geger" nasional. Dengan arahan pak mentri, supir "berganti baju" dari amatir menjadi profesional. Saatnya yang tergabung dalam grub komunitas, "yuk urunan bikin Koperasi".

contoh desain stiker angkutan sewa kusus (taksi online)


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN AKUN VENDOR (PERUSAHAAN) DAN AKUN JUAL/BELI GOJEK (GOCAR)

Banyak sekali masyarakat pengguna transportasi online dan driver online sendiri (individu) yang tidak "bisa" membedakan akun driver online GOCAR vendor (perusahaan penyelenggara / rental /Koperasi) dengan akun GOCAR palsu /bodong / akun hasil peretasan / akun pencurian data dan akun jual-beli. Akhir-akhir ini banyak terjadi kejahatan /pelecehan Driver online kepada penumpangnya. Hasil penyelidikan kepolisian, pelaku (driver) menggunakan akun palsu data jual/beli milik orang lain. Adalagi ; curhat viral driver yg dilaporkan penumpangnya dengan nomor polisi kendaraan yg berbeda. Atau driver yg tidak terima terkena suspend karena uang deposit di applikasi yang sudah menggunung serta tidak bisa cair. Ada banyak driver online yg takut ke kantor DSU GoJek, sebab mempergunakan akun orang lain /palsu / jual-beli / terlibat didalamnya !. "Sumber-sumber kejahatan berawal dari akun-akun data palsu atau jual/beli". Tidak semuanya sih, driver "nakal/jahat" !.

PAK MENHUB BUDI KARYA, PROFIL "NGUBER SUPIR TRANSPORTASI ONLINE PROFESIONAL"

Penolakan Peraturan Mentri Perhubungan nomer 108/2017 yang mengatur "Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek", masih saja terjadi kemarin. Adalah Aliansi Nasional Driver Online, yang terang-terangan menyuarakan "MENOLAK" PERMENHUB 108/2017 ; mereka menggelar DEMO 29/1/2017 di depan kantor KEMENHUB. Kemarin-kemarin pas disusun kemana aja..., kemarin-kemarin pas sosialiasi dan UJI Materi kemana aja.... Kali ini admin tidak membahas PRO-KONTRA nya. Tiba-tiba terlintas IDE fresh.....(; input data driver kali ya, heheheh. Ada korelasi dalam tulisan buku, riset aplikasi online dan pendirian perusahaan yang sedang kami susun. Adalah pak mentri BUDI KARYA SUMADI , profil atau tokoh central yang menjadi target para DRIVER Online. Ya baru kami sadari, pak mentri perhubungan, pantas jadi SOSOK orang yang paling di cari se Indonesia ; Buku "NgUber Supir Transportasi Online Profesional" cocok di berikan (disematkan/men

Untung akun Driver Individu atau ikut akun VENDOR ?

Satu hal yang tidak dipikirkan banyak orang. Dalam hal ini oleh DRIVER online individu kebanyakan. Kita pernah dengar cerita ayah kaya dan ayah miskin Kiyosaki ?. Ya cerita 2 orang pemuda yang diberi tugas sebuah kampung atau desa mengeksplorasi sumber air. Permasalahan payung hukum Permenhub no 26 tahun 2017, salah satu contoh nyata bagian cerita cara distribusi atau mirip hikmah cerita dibalik sistem air tersebut. Syah-syah saja driver menolak kebijakan wajib balik nama STNK menjadi atas nama perusahaan/koperasi/vendor/badan hukum. Karena asset mobil dan angsuran seluruhnya dilakukan, dikerjakan dan dibayarkan oleh Driver sekaligus pemiliknya. Ibaratnya "ngak rela" menjadi asset dan atas nama perusahaan/vendor naungan. Karena masalah balik nama bertentangan dengan FIDUSIA, maka proses balik nama boleh nunggu ketika utang selesai.  Simplenya kalau tidak ingin gabung ke perusahaan/vendor/badan hukum milik orang bikin saja badan hukum sendiri. Cukup bertiga Driver Onl